Langsung ke konten utama

Skema Sirkulasi Udara dan Cahaya pada Rumah Unik Karya Arsitek Indonesia


Skema Sirkulasi Udara dan Cahaya pada Rumah Unik Karya Arsitek Indonesia




Naik lagi ke lantai selanjutnya, kamar tidur utama terdapat di area ini. Masih dengan adanya koridor di depan kamarnya yang digunakan untuk meletakkan meja dan rak. Koridor memang difungsikan sebagai area sirkulasi publik, penghubung tiap lantainya.



Jendela yang besar pada fasad depan rumah menjadi salah satu pemandangan asik di dalam kamar. Memberikan pencerahan pada kamar tidur. Dilengkapi dengan tirai putih dan abu-abu. Selain itu juga terdapat ventilasi udara kecil di dinding samping kamar. Pada ruangan ini juga terdapat kamar mandi utama.


Bentukan kamar mandi ini berbeda dengan kamar mandi lainnya di dalam rumah. Ubin hitam pada lantai dan juga dinding kaca yang menghadap ke area closet penyimpanan baju dalam ruangan. Memang terkesan terbuka akan tetapi karena ini adalah kamar tidur utama yang merupakan area privasi kedua orang tua, maka tidak akan jadi masalah.


Akhirnya sampai pada lantai yang paling teratas. Lantai ini digunakan sebagai kamar tidur pembantu dan juga area mencuci dan menjemur. Kamar tidur dan kamar mandinya berukuran lebih kecil dari yang lain. Terlihat juga dari koridor terdapat jendela dan juga ventilasi di dinding atas bangunan rumah.


Gambar di atas menunjukkan skema sirkulasi udara dan cahaya pada rumah. Ventilasi dan juga pintu serta jendela di dalam rumah menjadi solusi untuk pertukaran udara secara menyilang (cross-ventilation).


Halaman selebar satu meter yang terletak di bagian samping rumah ini sangat membantu untuk terjadinya pertukaran udara sehingga rumah lebih sejuk. Selain itu juga area ini berfungsi sebagai tempat meletakkan pompa air, sepeda serta peralatan lainnya, dan juga menjadi akses untuk pembantu ke dalam rumah. Pada halaman ini arsitek mendesain dasar lantainya dengan biopore (lubang air) yang cukup banyak sehingga dapat menghindari kebanjiran pada lantai mezanin paling bawah karena tinggi lantainya yang berada rendah dibandingkan jalan di luar rumah.


Kembali ke bagian depan rumah. Lantai kamar tidur utama dibuat melayang dengan sistem cantilever selebar 2,5 meter. Sehingga area ini dapat melingkupi area teras dan parkir kendaraan di depannya. Keunikan pada fasad depannya juga terdapat pada kaca yang diletakkan di dinding bagian bawah rumah. Kaca tersebut didesain agar orang yang berada di ruang makan atau dapur dapat mengetahui orang yang datang ke rumah dengan melihat pada kacanya. Ini juga menjadi alternatif pencahayaan alami pada rumah.


Rumah yang terlihat kecil dan cukup luas di dalam ini tidak hanya sekedar nyaman saja namun juga berhasil mendapatkan penghargaan taraf internasional. Delution Architect melalui karyanya yaitu splow house meraih penghargaan International Architizer A+ Awards 2017 kategori Arsitektur dan Hunian Kecil versi Public Choice.

Architizer A+ Awards sendiri adalah penghargaan International yang tidak hanya melibatkan komunitas arsitektur, namun juga fashion, penerbitan, desain produk, pengembangan real estate, dan teknologi dari seluruh dunia. Sebagai salah satu nominasi dari Indonesia dan pesaing dari seluruh dunia, tentunya para arsitek muda ini berhasil membuat bangga tanah air.

Sumber: Furnizing.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Innalillahi, Niat Lepas Kangen dengan Pacar di Hotel, Pemuda Ini Tak Sadar Jika Kekasihnya Sebenarnya..

Setiap orang bisa jatuh cinta pada siapa saja. Terkadang mereka jatuh cinta pada orang yang tak disangka-sangka. Beberapa orang jatuh cinta pada sahabatnya sendiri hingga harus mengalami friendzoned dalam waktu yang lama. Orang lain bisa saja jatuh cinta pada orang asing yang tak sengaja ditemui. Pasangan ini juga mengalami perjalanan cinta yang cukup unik tapi menyakitkan di bagian akhir. Rizki Budian dan Laure Kisah cinta tak terduga ini dibagikan oleh sebuah akun Facebook Putera Karya. Pasangan kekasih ini berasal dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Seorang pria bernama Rizki Budian memiliki pacar bernama Laure. Perempuan berusia 21 tahun ini tinggal di desa Manis Mata. Mereka berdua telah menjalin asmara selama 8 bulan lamanya. Jika ingin mengunjungi satu sama lain, mereka harus menghabiskan waktu 5 jam. Oleh karena itu Rizki dan Laure hanya bertemu 2 kali dalam sebulan. Setiap mereka bertemu, Rizki tak pernah merasa curiga. Laure terlihat seper

2 Niat Lepas Kangen dengan Pacar di Hotel, Pemuda Ini Tak Sadar Jika Kekasihnya Sebenarnya..

Rizki Budian dan Laure Mereka berdua telah menjalin asmara selama 8 bulan lamanya. Jika ingin mengunjungi satu sama lain, mereka harus menghabiskan waktu 5 jam. Oleh karena itu Rizki dan Laure hanya bertemu 2 kali dalam sebulan. Setiap mereka bertemu, Rizki tak pernah merasa curiga. Laure terlihat seperti perempuan pada umumnya. Dia terlihat cantik dengan bentuk badan yang bagus. Perilakunya juga sangat lembut. Saat bertemu dengan sang pacar, Laure selalu menggunakan hijab. Dalam beberapa bulan terakhir, hubungan mereka jadi semakin dekat. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menginap di sebuah hotel.

MERINDING!! Misteri Ibu Hamil Melahirkan di Bantu Suster dan Dokter Hantu di Gedung Tua..

Cerita misteri tentang gedung tua RS.Mardi Waluyo Blitar, Jawa Timur, ini memang sudah tak asing lagi kengeriannya bagi warga Blitar. Banyak kejadian- kejadian mistis yang terjadi di gedung tua yg memang sudah tidak difungsikan karena sudah ada bangungan baru dijalan Kalimantan, Blitar. Sedang gedung lama kosong, cuma terkadang dibuat piket magang anak – anak yang kuliah di jurusan kedokteran. Kisah misteri ini masih simpang siur akan keaslianya, sebagain warga percaya sebagian lagi hanya menganggap dongeng horor semata. Kisah ini berawal dari seorang Ibu yang usia kandungannya sudah menginjak ke 9 bulan dan waktunya untuk melahirkan. Sepasang Suami Istri sebut saja namanya Denok dan Adi merek bukan warga kota Blitar. Mereka berdomisili di desa ngeni dekat pantai jebring, pada malam sekitar jam 19.00 WIB, Adi mengajak sang istri Denok turun ke kota Blitar. Niat hati ingin membeli baju- baju bayi di toko perlengkapan bayi. Adi mengantarkan istrinya dengan mengendara

3 Niat Lepas Kangen dengan Pacar di Hotel, Pemuda Ini Tak Sadar Jika Kekasihnya Sebenarnya..

Rizki Budian dan Laure Namun, sebelum sempat melakukan apapun, mereka digrebek oleh departemen keagamaan Pangkalan Bun pada 23 Maret 2017. Betapa terkejutnya Rizki saat mendengar fakta mengejutkan diungkapkan Laure. Laure mengaku bahwa dia ke Pangkalan Bun untuk bertemu dengan pacarnya yang ia tipu melalui media sosial. Ia juga mengaku menginap di rumah temannya saat mengunjungi Rizki. Tak disangka, Lauren yang tampak seperti perempuan ternyata adalah seorang laki-laki. Rizki mengaku kaget dengan kenyataan yang ia hadapi ini. "Aku tidak tahu dia sebenarnya adalah laki-laki. Aku menyesal dan merasa sangat malu." Sayangnya, kedua pemuda ini harus tetap ditangkap. Mereka berdua telah menjalani sidang pada tanggal 24 Maret 2017 akibat insiden di hotel ini. Duh, cari jodoh melalui media sosial boleh-boleh saja. Tapi, langsung samperin ortunya ya. Kalau cocok nikahin,. Baru setelah nikah pacarin! Jangan sampai nasib kamu berakhir menyakitkan sepert

Lanjutan Kisah Misteri Ibu Hamil Melahirkan Dibantu Dokter dan Suster Hantu

Akhirnya Adi pun langsung menyalakan mesin motornya dan menyisiri jalan,untuk mencari rumah sakit terdekat, ketika melewati jalan depan gerbang masuk gedung tua RS. MARDIWALUYO. Enatah bagaimana dalam penglihatan Adi dan denok rumah sakit itu ramai sekali, seperti dulu saat di fungsikan, tanpa pikir panjang aji masuk gerbang gedung itu, dan memapah istrinya berjalan menuju suster jaga dan satpam. Adi menyapa dan minta tolong sama suster penjaga “Selamta Malam, Suster tolong istri saya mau melahirkan”. Tanpa bicara suster itu tersenyum dan menganggukan kepala. Denok kemudian dibwa ke ruang bersalin oleh 4 orang suster dan satu dokter yg menangani prosesi Sulis melahirkan, tak lama kemudian Aji mendengar tangisan bayi. ”alhamdulillah anakku lahir” ucap syukur Adi dalam hati, istrinyapun dipindahkan di kamar inap pasca bersalin, Ajipun mengucapkan terimakasi pada suster itu “Terimakasih suster telah menolong istri saya melahirkan dengan selamat”, tapi suster itu tidak menya

Kisah Misteri Ibu Hamil Melahirkan Dibantu Dokter dan Suster Hantu (Lanjutan)

Adi mencoba bersikap ramah menyapa salah satu pasien tetapi tak ada jawaban, semua diam. Suster dan Dokter juga banyak yang lalu lalang tapi mereka diam semua. mulai ada kejanggalan yg dirasakan adi saat itu bulu kuduknya merinding. Akan tetapi dia berusaha menepis rasa itu. Diapun sampai di parkiran dan menyalakan mesin mtornya dan pulang menuju rumah. Esok harinya pagi jam 05.00 WIB, Adi kembali ke rumah sakit untuk menjemput istri tercintanya, ketika sampai di depan gerbang masuk RSU Mardi Waluyo, Adi mendapatkan keganjilan yang dirasakannya, tak ada satpam, tak ada mobil ambulan, tak ada suster dan dokter yang lalu lalang. Sepi seperti rumah sakit tak berpenghuni, tapi Adi tetap masuk menuju kamar inap dimana istrinya semalam. Sambil terus bergegas dia menoleh ke kanan dan kekiri, smua kamar inap yang semalam penuh tak ada pasien sama sekali. Tak ada satu pasien yang terbaring. Hati adi merasa merinding dan cemas, jantungnya berdegub kencang dan bulu kuduknya merinding

Inilah Ciri-Ciri 10 Wanita Yang Mudah Diajak Selingkuh, No.2 dan 8 Paling Sering Ditemui

Tuduhan yang mengatakan bahwa perselingkuhan selalu identik dilakukan oleh para pria adalah hal yang tidak benar. Faktanya, dimana ada pria berselingkuh maka pasti akan ada wanita yang menjadi selingkuhannya. Artinya, baik pria maupun wanita mereka berpotensi sama besar dalam melakukan tindakan perselingkuhan. Lalu, seperti apakah ciri-ciri wanita yang mana ia memiliki kebiasaan mudah untuk diajak selingkuh? Berikut uraian serta penjelasan lengkapnya: 1. Wanita Yang Sangat Terobsesi Dengan Apa Pun Tentang Pria Jika teman-temannya asik membicarakan tentang seorang pria, maka wanita yang satu ini sangat antusias ingin mendengarnya. Pembicaraan apa pun mengenai dunia pria akan membuat darahnya berdesir dan jiwanya bergejolak. Wanita tipe ini tidak akan pilih-pilih dalam menjalin hubungan dengan para pria. Hidupnya didedikasikan untuk menghitung berapa banyak ia mampu memiliki mantan kekasih. 2. Wanita Yang Mudah Menerima Kehadiran Orang Baru Beberapa wanita

Mengharukan! Julia Perez Terihat Terbaring Pasrah Saat Dipandu Berdzikir.

Julia Perez terlihat pasrah atas penyakit kanker serviks yang saat ini bersarang di tubuhnya. Kepasrahan Jupe kepada Allah tampak kuat ketika ia dzikir dengan dipandu seorang pemuka agama, Rabu (1/3/2017). Dzikir itu untuk menyeimbangkan diri dan melawan penyakitnya. Dzikir yang mengharukan itu diunggah Jupe di Instagram Story miliknya, pukul 21.45 WIB, Rabu (1/3/2017). Jupe sempat mendapatkan penjelasan oleh sang pemuka agama tentang keseimbangan, lalu diminta untuk melakukan dzikir. "Dzikir apa itu," tanya Jupe. "Subhanallah," jawab sang pemuka agama. Lalu,dengan penuh kekhusukan dan kekhidmadan, sekaligus kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kata-kata dzikir itu keluar dari mulut Jupe. "Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar..." Belakangan ini, kondisi Julia Perez alias sangat menyita perhatian. Beberapa rekannya sesama artis berbondong-bondong membesuk Jupe di RSCM, Jakarta, untuk memberikan semang

Ciri2 Wanita Mudah Selingkuh 2

3. Wanita Yang Sedang Memiliki Masalah Dengan Pasangannya Terkadang perselingkuhan terjadi dan tidak dapat dihindari meski kedua belah pihak sebenarnya tidak menginginkannya. Hal ini sesuai asas filsafat yang mengatakan; “Disaat tempat mendukung disertai dengan situasi yang sempurna maka apa pun bisa terjadi”. Keadaan seperti ini biasanya terdapat pada wanita yang sedang mendapatkan masalah dengan pasangannya. Para wanita dalam situasi ini sangat rapuh dan mudah sekali untuk dipengaruhi. Dengan begitu, celah bagi orang lain untuk mengambil hatinya menjadi semakin lebar. 4. Wanita Yang Pernah Diselingkuhi Luka hati akibat mendapatkan tindakan perselingkuhan dari orang yang dicintai memang sulit untuk bisa disembuhkan begitu saja. Bahkan pada beberapa orang, terutama wanita yang mana mereka memiliki hati lebih lembut daripada pria, luka tersebut dapat membekas sepanjang hidupnya. Perasaan ingin membalas tindakan kejam itu pasti ada, akan tetapi dengan alasan tidak

SUBHANALLAAH, Beginilah Keadaan Tubuh Manusia Sesaat Setelah Mati Hingga Satu Tahun Kematian. Silahkan Share..

SUBHANALLAAH, Beginilah Keadaan Tubuh Manusia Sesaat Setelah Mati Hingga Satu Tahun Kematian. Silahkan Share.. Saudara-saudarku, ketahuilah tidak ada satupun makhluk hidup yang tidak akan merasakan mati. Setiap yang bernyawa pasti akan kembali kepadaNYA. Beginilah kira-kira tubuh kita manusia yang hina ini jika meninggal dari menit pertama hingga satu tahun kemudian. Apakah masih pantas kita menyombongkan diri? Marilah kita sejenak mengkoreksi diri masing-masing agar kita bisa kembali kehadiratNYA dalam keadaan Khusnul Khotimah. Sesaat sebelum mati Anda akan merasakan jantung berhenti berdetak, nafas tertahan dan badan bergetar. Anda merasa dingin di telinga. Darah berubah menjadi asam dan tenggorokan berkontraksi. 0 Menit Kematian secara medis terjadi ketika otak kehabisan supply oksigen. 1 Menit Darah berubah warna dan otot kehilangan kontraksi, isi kantung kemih keluar tanpa izin. 3 Menit Sel-sel otak tewas secara masal. Saat ini otak benar-benar b